buruh-pt-yongjin-dan-pt-doosan-sama-sama-demo-tapi-hasilnya-beda

Buruh PT. Yongjin dan PT Doosan Sama-sama Demo Tapi Hasilnya Beda

 

Pada Hari Selasa, 12 Mei 2020, buruh di 2 (dua) pabrik garment di Kabupaten Sukabumi, tepatnya PT. Doosan Jaya Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Parungkuda dan PT. Yongjin Javasuka Garment yang berlokasi di Kecamatan Cicrurug sama-sama melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan yang sama yaitu menolak Tunjangan Hari Raya atau THR dicicil dan menuntut untuk dibayarkan secara penuh.

Buruh pabrik PT. Yongjin yang dalam perundingannya diwakili oleh PUK SP TSK SPSI berhasil merealisasikan tuntutannya untuk dibayar THR secara penuh, dani buruh PT. Doosan Jaya Sukabumi yang diwakili oleh serikat pekerjanya juga berhasil melakukan kesepakatan dengan perusahaan TAPI THR-nya dicicil 3 kali mengikuti skema yang pernah ditawarkan oleh perusahaan PT. Yongjin Javasuka kepada pihak serikat pekerja di perusahaan, yaitu 3 kali dicicil selama 3 bulan dengan besaran 50% - 25% - 25%.

Bedanya kalau di PT. Yongjin Javasuka itu tawaran dari pihak perusahaan berupa pembayaran dicicil 3 kali selama 3 bulan dengan skema 50% - 25% - 25 langsung ditolak oleh pihak buruh melalui serikat pekerja di perusahaan. Sementara di PT. Doosan hasil demonya justeru serikat pekerja menyepakati THR dicicil 3 kali selama 3 bulan sebesar 50% - 25% - 25%.

Ya... memang sama-sama demo di hari yang sama dengan tuntutan yang berbeda, tapi buruh PT. Yongjin melakukan aksi karena tidak terima THR mau dicicil selama 3 kali dalam jangka waktu tiga bulan dengan skema 50% - 25% - 25% dan akhirnya berhasil tuntutannya THR dibayar secara penuh, sementara di PT. Doosan justeru menyepakati THR dicicil 3 kali selama 3 bulan dengan skema 50% - 25% - 25%.

Berita Terbaru

sp-tsk-spsi-gsi-cikembar-bagikan-santunan

SP TSK SPSI GSI CIKEMBAR BAGIKAN SANTUNAN

Sebagai wujud keberpihakan serikat pekerja terhadap anggota dan terhad

slamet-widodo-mari-kita-tingkatkan-kepedulian-terhadap-sesama

Slamet Widodo : Mari Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Ketua PUK SP TSK SPSI PT. Pratama Abadi Industri – JX, Slamet Widodo

santunan-anak-yatim-dan-pembagian-takjil-oleh-sp-tsk-spsi-pt-pratama

Santunan Anak Yatim dan Pembagian Takjil oleh SP TSK SPSI PT. Pratama

Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit – Ser

gsi-sukalarang-juara-sepakbola-antar-perusahaan

GSI SUKALARANG JUARA SEPAKBOLA ANTAR PERUSAHAAN

PUK SP TSK SPSI PT. GSI Sukalarang tampil sebagai Juara dalam Kejuaraa

Tentang Kami

F SP TSK SPSI atau Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia adalah organisasi yang bersifat bebas, mandiri, demokratis, professional dan bertanggungjawab serta tidak merupakan bagian dari organisasi sosial politik maupun ormas-ormas lain.
------------------------------
BERSERIKAT ITU MEMBERDAYAKAN DAN MEMBANGUN KESADARAN

Alamat

SP TSK SPSI Sukabumi

Komplek Ruko Gaya Ika Jl. Sekarwangi No 92 Kav. L Cibadak - Sukabumi - Jawa Barat - Indonesia 43351.

0266-6545956

contact@sptsk-sukabumi.org