patroli-kedisiplinan-di-pt-pratama-abadi-industri

Patroli Kedisiplinan di PT. Pratama Abadi Industri

 

PT. Pratama Abadi Industri - JX sebagai perusahaan padat karya yang bergerak dalam bidang produksi alas kaki atau sepatu berusaha untuk meningkatkan kedisiplinan para pekerja atau karyawannya. Maka untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan, pihak manajemen perusahaan beserta jajaran pengurus serikat pekerja secara bersama-sama membuat program untuk melakukan patroli kedisiplinan.

Dalam perusahaan – perusahaan padat karya seperti perusaan yang memproduksi sepatu atau alas kaki, apalagi dengan jumlah karywan atau pekerja yang banyak sampai ribuan orang bahkan belasan ribu orang, proses produksi merupakan mata rantai yang melibatkan banyak orang, banyak bagian atau bidang atau departemen, dan itu merupakan satu-kesatuan yang terintegrasi antara satu dengan lainnya.

Sehingga dalam kondisi atau proses produksi yang kompleks seperti itu memerlukan tingkat kedisiplinan yang tinggi dari semua karyawan atau manajemen yang ada dalam perusahaan tersebut.

Membangun kedisiplinan harus dipahami sebagai usaha untuk memperbaiki perilaku individu sehingga taat azas dan selalu patuh pada aturan atau norma yang berlaku.

Sehingga sikap disiplin merupakan suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

Berangkat dari pemahaman itu maka tidak salah apabila sebagian ahli menyebut bahwa kedisiplinan merupakan cerminan peradaban manusia. Semakin disiplin maka semakin beradablah manusia, komunitas manusia atau warga dalam sebuah Negara atau bangsa.

Didalam perusahaan kedisiplinan merupakan variabel yang bisa mempengaruhi key performance indicators/KPI dalam penilaian kinerja perusahaan tersebut.

Semakin rendah tingkat kedisiplinan, maka akan semakin rendah tingkat profesinalisme sebuah pekerjaan atau individu yang menggeluti atau menjabat sebuah pekerjaan. Dan semakin rendah tingkat disiplin, maka akan semakin rendah kinerja dalam perusahaan tersebut.

Karena kedisiplinan merupakan bagian yang menopang tumbuhnya profesionalisme, dan sebaliknya tanpa kedisiplinan hanya akan melahirkan ke-semrawut-an dan ke-tidak-teratur-an.

Maka berangkat dari pentingnya kedisiplinan tersebut, patrol kedisiplinan yang menjadi program bersama antara manajemen dan pengurus serikat pekerja di PT. Pratama Abadi Industri-JX merupakan alternative yang bisa dijadikan terobosan untuk mengelola isu kedisiplinan ini secara serius dan sungguh-sungguh.

Ade Sumarni sebagai salah satu pengurus serikat pekerja yang terlibat dalam patroli kedisiplinan ini dengan sabar berusaha mensosialisasikan partoli kedisiplinan ini kepada para karyawan yang bekerja di PT. Pratama Abadi Industri – JX.

“Pada tahap awal program patroli kedisiplinan ini diarahkan untuk memastikan semua karyawan menggunakan ID Card dan seragam kerja yang sudah ditentukan perusahaan, dan memastikan tidak ada yang merokok dilingkungan produksi karena itu sangat membahayakan”, ungkap Ade Sumarni beberapa waktu lalu.

Ade Sumarni juga menegaskan awalnya banyak pekerja yang merasa terganggu dengan patroli kedisiplinan ini, karena sebagian diantara mereka sudah terbiasa dengan sikap yang kurang disiplin, sehingga ketika mereka dituntut untuk bersikap disiplin ini maka merasa itu merupakan beban.

Padahal kalau disadari secara benar, kedisiplinan ini bukan hanya sebagai beban dan kewajiban tapi harus dianggap sebagai kebutuhan. Karena pekerjaan apapaun, tanpa kedisiplinan tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Selamat bekerja Bung Patrol !

Semoga karyawannya semakin disiplin

 

Berita Terbaru

sp-tsk-spsi-gsi-cikembar-bagikan-santunan

SP TSK SPSI GSI CIKEMBAR BAGIKAN SANTUNAN

Sebagai wujud keberpihakan serikat pekerja terhadap anggota dan terhad

slamet-widodo-mari-kita-tingkatkan-kepedulian-terhadap-sesama

Slamet Widodo : Mari Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Ketua PUK SP TSK SPSI PT. Pratama Abadi Industri – JX, Slamet Widodo

santunan-anak-yatim-dan-pembagian-takjil-oleh-sp-tsk-spsi-pt-pratama

Santunan Anak Yatim dan Pembagian Takjil oleh SP TSK SPSI PT. Pratama

Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit – Ser

gsi-sukalarang-juara-sepakbola-antar-perusahaan

GSI SUKALARANG JUARA SEPAKBOLA ANTAR PERUSAHAAN

PUK SP TSK SPSI PT. GSI Sukalarang tampil sebagai Juara dalam Kejuaraa

Tentang Kami

F SP TSK SPSI atau Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia adalah organisasi yang bersifat bebas, mandiri, demokratis, professional dan bertanggungjawab serta tidak merupakan bagian dari organisasi sosial politik maupun ormas-ormas lain.
------------------------------
BERSERIKAT ITU MEMBERDAYAKAN DAN MEMBANGUN KESADARAN

Alamat

SP TSK SPSI Sukabumi

Komplek Ruko Gaya Ika Jl. Sekarwangi No 92 Kav. L Cibadak - Sukabumi - Jawa Barat - Indonesia 43351.

0266-6545956

contact@sptsk-sukabumi.org